Tips Mengelola Dana THRTips Mengelola Dana THR. Sudah menjadi fenomena yang akrab, dimana ketika menjelang Lebaran, pengeluaran ekstra tak dapat dihindari. Hal ini dikarenakan beragam kebutuhan ekstra yang muncul. Untuk itu lah, kita mengenal THR atau Tunjangan Hari Raya yang kerap dijadikan sebagai pendapatan ekstra di saat Lebaran.

THR memang selalu dinanti saat menjelang Lebaran, karena memang tak sedikit yang mempergunakannya sebagai sumber utama untuk memenuhi kebutuhan di Hari Raya, mulai dari biaya mudik, baju baru, sajian wajib seperti ketupat opor dan juga ‘angpau’ untuk sanak saudara. Namun, pemberian tunjangan yang dilakukan satu tahun sekali ini ada baiknya dipergunakan secara bijak, mengingat kebutuhan tidak hanya muncul di saat Hari Raya saja, bukan?

Pengeluaran ekstra di saat lebaran sangat disarankan untuk tidak diambil dari gaji bulanan, sebab pengeluaran rutin seperti tagihan listrik, air, telepon, dan tabungan pendidikan anak merupakan prioritas yang harus diutamakan. Untuk itu, THR hadir sebagai dana untuk memenuhi pengeluaran ekstra yang sebaiknya dialokasikan ke dalam beberapa pos utama, seperti: zakat, open house (termasuk sajian wajib dan angpau), dan kebutuhan mudik, sedangkan bagi yang tidak mudik ke kampung halaman, dapat dipergunakan untuk liburan.

Khusus untuk mudik atau liburan, uang THR dapat dipergunakan untuk mendanai ongkos yang tentunya akan lebih mahal bila dibandingkan hari-hari biasa. Di saat peak season, harga tiket yang melambung tinggi sudah menjadi hal yang lumrah, baik untuk perjalanan dengan kereta api atau pun pesawat terbang. Guna mensiasati harga tiket yang mahal, anda dapat memesan tiket sejak jauh-jauh hari secara online melalui berbagai agen penjualan yang tersedia, khususnya di chipsakti.com. Dengan menjadi member PPOB Chip Sakti, semua transaksi pemesanan tiket mudik untuk anda sekeluarga dapat dilakukan dalam satu deposit! Selain itu, bila THR anda masih tersisa, dananya dapat dijadikan sebagai sumber modal untuk mencoba peluang bisnis tiket pesawat dan kereta api, pendaftaran dan cara transaksi PPOB Chip Sakti pun cukup mudah untuk seorang pemula sekalipun. Well, dengan tips tersebut di atas, setidaknya dapat membuat THR anda termanfaatkan dengan lebih baik, kan? (RA)