5 Tips Mengatur Keuangan Usaha

5 Tips Mengatur Keuangan Usahamu

5 Tips mengatur keuangan usaha – Kunci kesuksesan sebuah usaha terletak pada bagaimana cara pemiliki usaha tersebut mengelola atau mengatur keuangan usahanya.

Sekarang ini banyak sekali orang yang menggeluti usaha kecil untuk menambah penghasilan tambahan.

Namun, sayangnya banyak pemilik usaha yang kurang menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik dan benar.

Terkadang, masih banyak pemiliki usaha yang  mencampur adukkan antara keuangan usaha dengan keuangan pribadi.

Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering terjadi dan menyebabkan keuangan usaha sulit dikembangkan.

Strategi dalam mengatur keuangan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga kestabilan dan mengembangkan usaha kecil ke arah yang lebih baik. 

Baca Juga : Tips Sukses Jualan Pulsa dan Paket Data

5 Tips Mengatur Keuangan Usaha

Berikut ini adalah 5 tips mengatur keuangan usaha yang bisa pemilik usaha lakukan untuk mengatur keuangan usaha agar usaha yang digeluti bisa sukses.

1. Lakukan Perencanaan General 

5 tips mengatur keuangan bagian pertama : ” Lakukan Perencanaan General/Umum “

Bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil, mulailah dengan perencanaan general untuk usaha.

Apa saja program dan rencana usaha dalam satu periode panjang, kemudian bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan.

Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tersebut. Tentukan pula kapan program tersebut dijalankan.

2. Buat Perencanaan Pendapatan

5 tips mengatur keuangan bagian kedua : “Buat Perencanaan Pendapatan “

Cara kedua yang perlu Anda lakukan adalah membuat rencana pendapatan.

Perkiraan pendapatan ini harus mampu memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan di awal tadi.

Mulailah dengan bagaimana rencana usaha Anda dapat mendatangkan pendapatan.

Mulai dari beberapa produk yang akan dijual, berapa target penjualan, strategi apa yang digunakan untuk mencapai target penjualan, hingga memastikan setiap penjualan yang dihasilkan menghasilkan keuntungan.

3. Buat Budget Secara Rutin

5 tips mengatur keuangan bagian ketiga : ” Buat Budget Secara Rutin”

Hal ini merupakan bagian terpenting dari cara mengatur keuangan usaha, yaitu dengan membuat budgeting. Budgeting akan bekerja sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi usaha.

Dengan menyusun budgeting, Anda akan membuat pembatas untuk membantu membatasi pengeluaran sesuai koridor yang sudah ditentukan dan estimasi sebelumnya.

Setelah Anda menyusun anggaran untuk periode ini, lakukan budgeting secara berkesinambungan. Sesuaikan setiap budget dengan kondisi dari periode bersangkutan.

Gunakan pula review dari budgeting untuk usaha kecil dari periode sebelumnya agar Anda memiliki gambaran yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Awasi Arus Kas Keuangan

5 tips mengatur keuangan bagian keempat : ” Awasi Arus Kas Keuangan”

Saat menjalankan sebuah usaha atau ketika ngatur keuangan dagangan, perlu disebut untuk mengatur arus keuangan secara berkala.

Terkadang, ngatur dagangan yang disebut dengan ngatur arus kas keuangan menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh para pelaku usaha karena perlunya tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

Jika Anda kesulitan dalam mengawasi arus kas keuangan, Anda dapat menggunakan jasa administrator untuk mengontrol arus kas dan menetapkan prosedur keuangan yang baik.

5. Gunakan Laba untuk Kembangkan Usaha

5 tips mengatur keuangan bagian kelima : “Gunakan Laba untuk Kembangan Usaha “

Pada dasarnya yang membedakan pengusaha sukses dan pengusaha yang kurang sukses terletak pada kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payahnya.

Memang Anda sangat berhak sekali untuk menikmati hasil dari kerja keras, namun ada baiknya jika Anda tidak menghabiskannya begitu saja.

Langkah baik dalam hal ini ialah dengan cara menggunakan uang dari keuntungan untuk dikembangkan agar menjadi usaha yang lebih besar dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan seperti menambah armada dagang atau penambahan barang-barang dagangan untuk dijual kembali.

Untuk menambah produk usaha anda gunakanlah aplikasi Chipsakti. Aplikasi Chipsakti adalah agen pembayaran dan distributor pulsa termurah di Indonesia.

Aplikasi Chipsakti menyediakan layanan bisnis pembayaran online terlengkap dengan produk : Loket pembayaran listrik PLN, Telkom, PDAM, Pay TV, Token Listrik, Pulsa, Paket Data, Voucher Game, Top Up E-Wallet serta angsuran pembayaran lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top