Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot

Cara Merawat HP Android

Selama masa pandemi ini telah mengubah kebiasaan banyak orang, yang dahulu tidak terbiasa mengakses internet kini sangat akrab dengan aplikasi meeting online baik untuk kebutuhan belajar atau kerja. Lamanya penggunaan handphone membuat kinerjanya akan menurun, berikut tips cara merawat hp android agar tidak lemot.

5 Cara Merawat HP Android Agar Tidak Cepat Lemot

  1. Bersihkan Cache dan Cookies

Data cahce merupakan data sementara setiap aplikasi yang ada di handphone dan tersimpan di memori handphone. Cache dan cokies dari aplikasi-aplikasi tersebut, jika dibiarkan menumpuk semakin lama semakin membebani memori handphone, cobalah untuk secara rutin membersihkan cache dan cokies setiap aplikasi melaui pengaturan-aplikasi-pilih aplikasi yang sering dibuka-penyimpanan-hapus memori

Baca juga: Tips Sukses Jualan Pulsa dan Kuota Data

  1. Perawatan Perangkat Melalui Pengaturan

Device care atau perawatan perangkat berfungsi untuk menjaga kinerja penyimpanan, baterai, RAM, penyimpanan, dan mendeteksi keberadaan malware. Untuk melakukan ini biasanya sudah tersedia di setiap handphone, sehingga tidak perlu menambah aplikasi pihak ketiga yang kadang justru menambah beban kinerja handphone.

  1. Hapus Aplikasi Tidak Perlu

Seringkali kita lupa pernah menginstall aplikasi yang ternyata jarang bahkan tidak pernah dipakai. Biasanya karena ingin tahu, terpicu oleh iklan yang lewat, melihat teman yang menggunakan aplikasi tersebut, dan berbagai alasan lainnya. Tanpa disadari aplikasi tersebut malah membuat handphone menjadi lemot. Cek kembali aplikasi yang benar-benar digunakan dan hapus yang tidak perlu.

  1. Bersihkan Memori Internal

Memori internal yang penuh juga dapat menyebabkan handphone menjadi lambat, cek apakah banyak data-data baik berupa dokumen atau media seperti foto dan video yang seringkali tersimpan dari group-group wa atau telegram, jika tidak digunakan lebih baik dihapus. Jika masih diperlukan bisa disimpan di cloud yang disediakan produsen handphone atau penyedia cloud lainnya seperti Google Drvie atau Dropbox.

  1. Manfaatkan RAM Expansion

Beberapa handphone terbaru telah dilengkapi fitur RAM Expansion, dengan RAM Expansion kita dapat mengalokasikan sebagian ROM (media penyimpanan internal) sebagai RAM virtual, sehingga ketika memanggil data aplikasi bisa lebih cepat. Salah satu handphone yang memiliki RAM Expansion adalah Oppo A74 yang bisa mengalokasikan hingga 5GB ROM untuk dijadikan sebagai RAM Virtual, sehingga dari menambah RAM yang asilnya adalah GB. Handphone lainnya yang sudah memiliki fitur RAM Expansion adalah Samsung Galaxy A52.

Demikian beberapa tips tentang cara merawat HP Android agar tidak cepat lemot, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top