7 Ide Bisnis Modal Kecil di Masa Pandemi

Sebelum membahas ide bisnis modal kecil, kita perlu melihat fakta bahwa pada tahun 2017 UMKM telah menyumbang 60.34 persen terhadap Pendapatan Domestik Bruto Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa UMKM memiliki prosi yang cukup besar dalam menggerakkan ekonomi Indonesia.

7 Ide Bisnis Modal Kecil

Apa yang dimaksud UMKM?

UMKM merupakan akronim dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang berarti bahwa ada 3 jenis usaha yang bisa digolongkan sebagai UMKM berdasarkan jumlah asset dan omsetnya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM), yaitu:

  • Usaha Mikro dengan kepemilikan aset kurang dari satu milyar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • Usaha Kecil dengan kepemilikan modal usaha lebih dari satu milyar rupiah sampai dengan lima milyar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  • Usaha Menengah dengan kepemilikan modal usaha lebih dari lima milyar rupiah sampai dengan sepuluh milyar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Nah, dari keterangan di atas Kamu sudah bisa mengukur bisnis yang akan Kamu jalankan bakal sampai di level mana, sekarang kita coba ulas sedikit beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa dijalankan.

7 Ide Bisnis Modal Kecil Terlaris yang Bisa Kamu Pilih

  1. Fashion dan Aksesoris
    Fashion dan aksesorisnya mungkin termasuk kategori bisnis terfavorit saat ini, kalau kita lihat di hamper semua marketplace, kategori ini termasuk yang paling banyak penjualnya. Hal ini karena permintaan barang untuk kategori fashion di marketplace sangat tinggi.
    Menjalankan usaha di dunia fashion sangat lah luas, Kamu bisa menjadi menjual secara retail di marketplace maupun grosir atau dengan menjadi produsen fashion dengan memproduksi satu jenis dulu seperti, baju, celana, gamis, tas, dan lain-lain yang bisa Kamu produksi sendiri sesuai modal yang dimiliki.
    Jika Kamu merasa modal yang dimiliki sangat terbatas, Kamu bisa memulai dengan berjualan secara online di marketplace, cukup menyediakan stok barang dengan modal yang Kamu punya, Kamu sudah bisa memulai berjualan. Bahkan jika tidak bisa stok pun, Kamu masih bisa memulai berjualan dengan sistem dropship, dimana Kamu hanya membeli produk yang sudah dipesan oleh calon pembeli di tokomu.
  2. Perlengkapan bayi
    Jangan anggap remeh potensi bisnis perlengkapan bayi ini, meski terlihat remeh namun memiliki potensi yang sangat besar. Riset Digital Mom and Baby Shopper Profile in Indonesia oleh eCommerceIQ di tahun 2018 melaporkan bahwa 66% konsumen Indonesia berbelanja produk ibu dan anak secara online
  3. Produk-produk Kecantikan
    Disaat kondisi ekonomi sedang merosot secara global akibat Covid 19, penjualan skin care dan produk kecantikan lainnya justru mengalami pertumbuhan.
    Bahkan Indonesia dianggap sebagai penyumbang terbesar kedua dalam pertumbuhan perawatan kulit dunia menurut data Euromonitor International bertajuk The Future of Skin Care.
  4. Kuliner
    Porsi bisnis kuliner sebesar 41.40 persen dalam produk domestic bruto ekonomi kreatif Indonesia yaitu senilai 383 T rupiah. Dengan prosi seperti ini, bisnis kuliner memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Hadirnya Go Food, Grab Food, dan Shopee Food yang memudahkan transaksi dalam bisnis kuliner ini turut menyumbang pertumbuhan bisnis kuliner ini.
    Kamu bisa mencoba bisnis kuliner ini sebagai sumber penghasilan yang sangat prospektif.
  5. Furniture
    Meski tidak sepopuler yang lain, porsi bisnis furniture dalam omset ecommerce Indonesia sebesar 16.9% di tahun 2017. Pada era digital ini, hampir semua bisnis bisa dijalankan secara online. Begitu juga dalam furniture, pelanggan dapat melihat dan membeli produk furniture secara online.
    Jika ingin memulai bisnis ini, Kamu bisa membuat toko online atau menjualnya melalu marketplace.
  6. Bisnis Penginapan
    Ketertarikan masyarakat di Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata ke berbagai tujuan ke seluruh Indonesia membuat permintaan tempat untuk menginap menjadi tinggi, bisnis penginapan pun sangat layak untuk dilirik.
    Aplikasi-aplikasi home sharing memudahkan wisatawan menemukan tempat menginap, sekaligus memudahkan pemilik properti untuk terjun dalam bisnis penginapan melalui bekerjasama dengan aplikasi-aplikasi tersebut.
  7. Bisnis Pulsa, Kuota Data dan Pembayaran
    Melihat semakin tingginya penggunaan internet menjadikan pulsa dan kuota data sebagai komoditas yang sangat dibutuhkan, pulsa dan kuota data sudah menjadi kebutuhan harian masyarakat.
    Selain pulsa, kuota dan data, Kamu juga memperkaya produk penjualan dengan produk digital lainnya seperti voucher game, token PLN, dan masih banyak produk digital lainnya. Layanan pembayaran tagihan bulanan yang sudah terkoneksi secara online pun semakin memperkaya produk layananmu.
    Banyak aplikasi-aplikasi yang bisa Kamu pilih untuk memulai bisnis ini, baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar. Salah satu aplikasi bisnis pulsa, kuota dan pembayaran yang tidak berbayar yang bisa Kamu coba adalah Chipsakti.

Baca juga
Bisnis Pulsa Gratis, Mulai Bisnis Ini Sekarang Juga!
Bisnis Pulsa Listrik Token, Raih Keuntungan Sekarang!

Memanfaatkan Teknologi untuk Pengembangan Bisnis

Di era digital ini, banyak sekali alat dan sarana yang bisa Kamu manfaatkan untuk kemajuan bisnismu, berikut beberapa daftar alat dan sarana yang bisa dipakai untuk mendukung ide bisnis modal kecilmu

  • WhatsApp Bisnis, WhatsApp bukan sekedar alat untuk chatting dan ngobrol, tapi banyak fitur-fitur yang bisa dipakai untuk pengembangan usaha, terutama whatsapp bisnis, sebagai pelaku usaha, Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk membuat bisnismu lebih maju
  • Google Bisnisku, disediakan oleh Google secara gratis, Kamu bisa menampilkan lokasi usahamu di Google Maps juga menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat untuk para pelanggan dan calon pelangganmu
  • Facebook Page, Kamu juga perlu memiliki halaman facebook sebagai media berinteraksi kepada pelanggan dan calon pelanggan.
  • Instagram, aplikasi foto dan video yang sangat populer ini juga perlu dimanfaatkan untuk berkomunikasi kepada pelanggan melalui foto, gambar, dan video yang menarik.

So, tunggu apa lagi, bisa memilih satu dari tujuh ide bisnis modal kecil di atas mana yang cocok untuk Kamu? Atau Kamu punya ide bisnis lain selain yang disebutkan di atas? Mungkin, Kamu bisa sharing melalui kolom komentar di bawah, pasti akan bermanfaat buat para pengunjung website Chipsakti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top