Dapur Umum ACT persembahan rakyat Indonesia masih beraksi setiap hari. Puluhan truk terus beriringan membawa berton-ton logistik melalui jalur darat. Posko-posko telah didirikan di berbagai titik, guna mempermudah ratusan relawan mendistribusikan bantuan.

Memasuki hari ke-14 implementasi ACT, tim rescue masih terus berjibaku mencari dan mengevakuasi korban yang tertimbun reruntuhan. Tenaga medis ACT bersiaga sepanjang hari melayani kesehatan ribuan warga yang sakit dan cedera pasca gempa. Dokter-dokter bedah, terus bertugas melakukan operasi darurat di rumah sakit terpilih yang tegak berdiri.

Esok, Kapal Kemanusiaan pertama untuk Palu-Sigi-Donggala akan merapat di pelabuhan. Membawa ribuan ton bantuan terdiri dari bahan pangan, serta tenda, selimut, alat tidur, pakaian baru, obat-obatan, dan perlengkapan kebersihan.

Bisa jadi salah satu bantuan yang dibagikan ACT ini adalah hasil dari kerja keras Anda, yang kemudian didonasikan melalui ACT. Atas izin Allah ta’ala, dijadikannya sumber kehidupan para survivor gempa. Semoga sedekah harta menjadi wasilah kita untuk bertemu Sang Pencipta di surga firdaus nanti.

“Siapa pun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan, pada hari Kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga. Siapa pun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman surga. Siapa pun mukmin yang memberi pakaian mukmin lainnya, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan surga.” (HR Tirmizi).

Klik menu Donasi di Aplikasi ChipSakti untuk menyalurkan kepedulian Anda pada Palu-Sigi-Donggala
#IndonesiaBersamaPaluSigiDonggala

Miris, Para Pengungsi yang Terlunta-lunta Di Atas Tanah Kuburan

Ada pemandangan berbeda ketika tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkunjung ke tenda-tenda pengungsian korban gempa-tsunami yang berada di Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa, Donggala. Tampak para korban tinggal di atas tanah komplek kuburan Cina, hanya bermodalkan terpal tipis yang menjadi pelindung dari teriknya matahari.

Tak ada pilihan lain, di atas tanah kuburan ini menjadi tempat yang nyaman untuk mereka mengungsi. Membawa semua sanak-saudaranya, terlihat para balita, anak-anak, dan lansia menjadi pemandangan kemirisan pasca-bencana gempa yang meluluhlantakkan Donggala dan sekitarnya.

Jangan tanya bagaimana kondisi rumah mereka. Belasan hari tinggal di atas tanah kuburan tanpa rasa takut yang menggelayuti, menjadi bukti bahwa rumah mereka telah hancur porak-poranda. Sementara itu, sampai hari ini para pengungsi masih bergantung pada bantuan-bantuan kemanusiaan, mengingat roda perekonomian yang masih lumpuh.

Insya Allah, ACT akan senantiasa berikhtiar untuk terus membersamai para korban tedampak bencana, dengan berbagai varian program kemanusiaan seperti Dapur Umum, distribusi Paket Pangan dan Kebutuhan Dasar lainnya. Mohon doa dan dukungan terbaik dari Sahabat mulia semua, semoga ikhtiar ini mendapat kemudahan dari Allah Subahanahu Wa Ta’ala.

Klik menu Donasi di Aplikasi ChipSakti untuk menyalurkan kepedulian Anda pada Palu-Sigi-Donggala
#IndonesiaBersamaPaluSigiDonggala

Bantuan Terus Mengalir Dari Seluruh Penjuru Negeri

Dari seluruh penjuru Indonesia, seperti Bandung, Blora, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Makassar dan kota-kota lainnya. Semuanya turut andil untuk membantu saudara sebangsa, yang kini sedang didera musibah bencana.

Alhamdulillah, dari semua elemen bangsa Indonesia, sedikit demi sedikit kita himpun. Senin yang lalu (8/10), 1.000 ton logistik telah kita berangkatkan melalui #KapalKemanusiaan menuju Palu, Sigi, dan Donggala. Tak hanya itu, puluhan truk yang sudah terisi penuh logistik pun berduyun-duyun dari Makassar dan Sidrap menuju wilayah terdampak bencana.

Namun, semua itu belum sebanding dengan derita yang saat ini sedang dialami oleh saudara kita. Masih banyak korban terdampak yang masih membutuhkan uluran tangan kita.

Insya Allah, Senin (15/10) ACT akan kembali memberangkatkan #KapalKemanusiaanPaluSigiDonggala. Membawa amanah terbaik dari segenap bangsa Indonesia untuk saudara sebangsa.
——————————————————————–

Klik menu Donasi di Aplikasi ChipSakti untuk menyalurkan kepedulian Anda pada Palu-Sigi-Donggala
#IndonesiaBersamaPaluSigiDonggala

sumber dari https://www.facebook.com/AksiCepatTanggap/